Alasan Messi Unggul dari Haaland di Ballon d’Or 2023, Ini Kriteria Penilaian yang Lebih Diutamakan

TRIBUNNEWS.COM – Perubahan aturan dalam proses pemungutan suara Ballon d’Or 2023 menjadi salah satu alasan Lionel Messi bisa lebih unggul dibanding Erling Haaland.

Lionel Messi resmi mendapatkan penghargaan trofi Ballon d’Or 2023. La Pulga mengalahkan Erling Haaland dalam dua teratas.

Terpilihnya Messi sebagai pemenang Ballon d’Or 2023 tak lepas dari penampilan gemilangnya bersama Timnas Argentina di Piala Dunia 2022 Qatar.

Messi membawa Argentina meraih trofi Piala Dunia 2022. Ia juga dinobatkan sebagai pemain terbaik di turnamen empat tahunan itu.

Di level klub, Messi juga membuat penampilan apik bersama Paris Saint Germain di musim terakhirnya sebelum pindah ke Inter Miami.

La Pulga membuat 21 gol dan 20 assist dari 41 penampilan bersama PSG di musim 2022/2023 di semua kompetisi.

Baca juga: Lionel Messi Bisa Meraih Super Ballon dOr Setelah Alfredo Di Stefano

Keluarnya Messi dari PSG menuju Inter Miami di Major League Soccer tak mengurangi penilaian untuk memberikan trofi penghargaan paling bergengsi untuk pemain sepak bola itu kepada Messi.

Di Inter Miami, La Pulga mencetak 11 gol dan 15 assist dari 14 penampilan serta turut mempersembahkan trofi Piala Liga pada musim debutnya.

Memang beberapa pihak menilai, kepindahan Messi ke Inter Miami pada bulan Juli, ditambah dengan kurangnya kesempatan bermain di liga top Eropa sejak Mei akan membuat Ballon d’Or jatuh kepada Erling Haaland.

Penampilan Erling Haaland sendiri tak kalah mentereng dari Lionel Messi. Di musim pertamanya bersama Mancheser City, striker 22 tahun itu membawa The Citizens meraih treble winners.

Man City menjuarai Liga Inggris, Piala FA dan juga Liga Champions. Haaland pun turut mengukir rekor dengan mencetak 52 gol di semua kompetisi musim lalu.

Baca Juga  Chord Gitar Tombo Ati - Opick: Tombo Ati Iku Limo Perkarane

Lantas apakah trofi Piala Dunia lebih bergengsi dibanding treble winners sehingga membuat Messi lebih berhak mendapatkan Ballon d’Or 2023?

Penyerang Inter Miami CF asal Argentina Lionel Messi menerima penghargaan Ballon d’Or ke-8 pada upacara penghargaan Ballon d’Or France Football 2023 di Theatre du Chatelet di Paris pada 30 Oktober 2023. FRANCK FIFE / AFP (FRANCK FIFE / AFP)

Baca juga: Perampokan Terbesar Ballon dOr: Haaland Rawan Senasib dengan Van Dijk & Duo Bayern Munchen

Rupanya, ada perubahan peraturan baru pada Ballon d’Or – khususnya berkaitan dengan proses penjurian.

Hal ini membuat Messi memiliki peluang lebih besar untuk memenangkan penghargaan berdasarkan prestasinya selama setahun terakhir.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *