Atmosfer Keseruan Penutupan NUDC 2024, UT Terima Penghargaan dari BPTI

TRIBUNNEWS.COM – Setelah satu pekan berjalan, National University Debating Championship menemui garis finish-nya. Pasalnya Universitas Terbuka (UT) bersama dengan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sukses menyelenggarakan event National University Debating Championship (NUDC) yang diselenggarakan di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), Kantor Pusat UT, Tangerang Selatan. 

Penyelenggaraan NUDC berlangsung mulai dari Senin, 27 Mei 2024 sampai dengan 1 Juni 2024. NUDC tahun ini melibatkan mahasiswa UT sebagai Organizing Committee (OC), Liaison Officer (LO), dan Chairperson, serta para pegawai yang terdiri dari Dosen dan Tenaga Kependidikan dari berbagai unit kerja di lingkungan UT Pusat.

Penyelenggaraan NUDC 2024 ini diikuti oleh 112 Tim terbaik dari seluruh Perguruan Tinggi se-Indonesia. Setelah melewati berbagai babak mulai dari pre-eliminary sampai dengan babak final, tepat pada Sabtu, 01 Juni 2024 malam, penyelenggaraan NUDC 2024 secara resmi ditutup yang perhelatannya bertempat di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), UT Pusat, Tangerang Selatan. 

Perhelatan penutupan NUDC ini diiringi oleh Awarding Ceremony bagi para pemenang NUDC 2024, dan berlangsung secara meriah. Pada Penutupan dan Awarding Ceremony ini dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Manajemen Talenta dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Tatang Muttaqin, S.Sos., M.Ed., Ph.D.; Kepala Pusat Prestasi Nasional (PUSPRESNAS), Dr. Maria Veronica Irene Herdjiono, M.Si.; Pimpinan dan Jajaran Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), jajaran pimpinan Universitas Terbuka, Ketua Senat Akademik UT, Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UT, serta pimpinan dan perwakilan Perguruan Tinggi, Juri, dan para peserta NUDC 2024. 

Acara ini diawali dengan pembukaan oleh MC yaitu Muhammad Bijaksabara Hikmawan, S.IP. dan Ayubi Cakradiwati, S.Hum., M.Ed. Selanjutnya dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne UT, dan dilanjutkan dengan pemutaran NUDC 2024 Recap Video.

Sambutan acara disampaikan oleh Rektor UT yang diwakilkan oleh Wakil Rektor 3 UT Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Paken Pandiangan, S.Si., M.Si.

Baca juga: Universitas Terbuka Kembali Raih Opini WTP: Bukti Integritas dan Transparansi Keuangan

Dalam sambutannya, beliau mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional atas kepercayaannya kepada UT untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan NUDC 2024. Beliau juga menegaskan komitmen UT sebagai salah satu PTN-BH dalam mendukung dan beraksi secara nyata pada program-program Kemendikbudristek, termasuk dalam penyelenggaraan ajang talenta.

Baca Juga  Dongkrak Perekonomian Nasional, Pertumbuhan UMKM di Indonesia Dimaksimalkan

Beliau juga berpesan, “Meskipun NUDC 2024 sudah berakhir, tetapi harapannya kita bisa terus berjuang, berkarya, secara konsisten menjadi pionir perubahan, dan aktif dalam menghasilkan ide-ide cemerlang untuk masa depan Indonesia,” tangkasnya. 

Beliau juga mengapresiasi kepada seluruh pihak terkait yang sudah menyukseskan penyelenggaraan NUDC 2024 dari awal sampai dengan akhir, karena sukses dan terselenggaranya NUDC 2024 ini tidak lepas dari kerja keras dan dukungan dari berbagai pihak, termasuk panitia NUDC 2024.

Pada momentum ini, UT mendapatkan Penghargaan dari BPTI yang diserahkan oleh Staf Ahli Bidang Manajemen Talenta Kemendikbudristek, Tatang Muttaqin, S.Sos., M.Ed., Ph.D. dan Kepala Pusat Prestasi Nasional, Dr. Maria Veronica Irene Herdjiono, M.Si. 

Pada kesempatan tersebut, Wakil Rektor 3 UT Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Paken Pandiangan, S.Si., M.Si. menerima penghargaan dari BPTI didampingi Ketua Pelaksana NUDC 2024, Anto Hidayat, S.IP., M.Si. Prof. Paken pun menuturkan, “Tentunya penghargaan ini merupakan suatu pencapaian dan apresiasi bagi UT dan membuktikan bahwa UT telah sukses menyelenggarakan NUDC 2024, sebuah ajang talenta bergengsi berskala nasional.”

Setelah penyerahan penghargaan, dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Staf Ahli Bidang Manajemen Talenta Kemendikbudristek, Tatang Muttaqin, S.Sos., M.Ed., Ph.D.

Dalam sambutannya, beliau mengucapkan selamat kepada para finalis dan juga mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam menyukseskan penyelenggaraan NUDC 2024 ini. Beliau juga mengungkapkan rasa bahagianya karena bisa bertemu secara langsung kepada para mahasiswa dari seluruh wilayah di Indonesia yang berkompetisi di NUDC 2024 ini. Beliau juga mengungkapkan, “Terima kasih kepada UT, yang dengan penuh semangat menyelenggarakan dan menyemarakkan NUDC 2024 ini,” tuturnya. 

Beliau juga berharap agar kolaborasi dan kerja sama antara Perguruan Tinggi dan BPTI terus berjalan dan ditingkatkan dalam rangka penyelenggaraan ajang talenta. Ini sangat perlu dilakukan agar terciptanya talenta-talenta emas Indonesia yang dapat berkiprah, baik dalam skala nasional maupun internasional. Sambutan dari beliau juga menandai bahwa penyelenggaraan NUDC 2024 secara resmi ditutup.

Baca Juga  Murah Meriah! Wuling Rilis Air ev Lite Seharga Rp188 Juta di GIIAS

Acara inti adalah pengumuman penganugerahan pemenang NUDC 2024 yang diawali dengan pemberian Roderick Sibarani Award yaitu sebagai bentuk apresiasi kepada debaters yang sudah tiada. Award ini diberikan kepada 1sr Breaking Team yaitu dari Universitas Gadjah Mada, yaitu Brian Hose Antonio Hambur dan Jaso Valentino Samvero dan diserahkan oleh Ketua Juri NUDC 2024, Dr. Rachmat Nurcahyo, S.S., M.A.

Selanjutnya, pemberian penghargaan Best Institutional Adjudicators dari 10 terbaik. Pemenang terbaiknya adalah Raziq Othman Ali dari Universitas Diponegoro yang menerima penghargaan yang diserahkan oleh Ketua Pelaksana NUDC 2024, Anto Hidayat, S.IP., M.Si.

Sementara itu, berikut adalah para pemenang di NUDC 2024 dengan kategori:

  • Best Speaker Novice Category: Universitas Presiden atas nama Kathleen Yasmin Overall Best Speaker, Open Category: Universitas Gadjah Mada atas nama Brian Hose Antonio Hambur
  • Novice Champion: Universitas Gunadarma atas nama Ariel Davis Suntoro, Muhammad Khafidz Al Gifani
  • Open Champion: Universitas Kristen Indonesia atas nama Fransiska Anastasia Hutabarat dan Ramazan Bayram Sofiano

Keseruan perhelatan ini menjadi makin lengkap dengan kehadiran Guest Star, yaitu IDGITAF yang tentunya turut memeriahkan dan merasakan keseruan atmosfer Ajang NUDC 2024 ini.

Rangkaian penyelenggaraan NUDC 2024 ini tentunya menjadi momentum bagi para mahasiswa untuk terus berkarya, berinovasi, dan menambah jejaring profesional. NUDC 2024 ini juga menjadi pengalaman dan kesempatan berharga bagi UT dalam menunjukkan profesionalitas dan kapabilitasnya sebagai tuan rumah perhelatan ajang talenta bergengsi NUDC 2024. 

Semua itu tentunya berkat dukungan, partisipasi, dan kontribusi dari panitia, peserta, juga dari BPTI Kemendikbudristek atas kepercayaannya kepada UT, sehingga acara dapat berjalan dengan sebaik-baiknya. Ke depan, UT tentunya siap untuk menjadi tuan rumah event tingkat nasional lagi. UT pun siap menyelenggarakan acara dengan lebih baik lagi pada kesempatan berikutnya.

Baca juga: Upayakan Pemerataan Pendidikan, UT Gencar Tingkatkan Kualitas Pembelajaran lewat Kolaborasi



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *