Buka Acara Istana Berbatik, Jokowi Ajak Masyarakat Aktif Lestarikan Budaya Indonesia

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka acara Istana Berbatik di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Minggu malam, (1/10/2023).

Dalam sambutannya Presiden mengatakan bangsa Indonesia patut bersyukur memiliki batik. Pasalnya batik bukan hanya sebagai karya seni biasa tapi merupakan warisan budaya tak benda dunia.

“Dengan simbolisme, teknik dan budaya yang sangat melekat dengan Indonesia,” kata Jokowi.

Oleh sebab itu acara Istana Berbatik kata Jokowi, digelar untuk memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada tangga 2 Oktober. Melalui acara Istana Berbatik, Presiden mengajak masyarakat Indonesia untuk menumbuhkan kebanggaan pada Batik.

“Saya mengajak masyarakat Indonesia untuk menumbuhkan kebanggaan pada kekayaan seni dan budaya Indonesia serta aktif melestarikan dan mengembangkannya,” pungkasnya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi menghadiri acara Istana Berbatik, di depan halaman Istana Merdeka, Jakarta, Minggu malam (1/10/2023).

Acara digelar dalam rangka memperingati hari batik nasional yang jatuh pada 2 Oktober.

Presiden hadir sekitar pukul 18.35 WIB. Presiden hadir bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Ibu Wakil Negara Wurry Ma’ruf.

Presiden dan Wapres hadir mengenakan pakaian batik cokelat lengan panjang. Begitu juga Ibu Iriana dan Ibu Wurry.

Acara Istana Berbatik digelar dalam rangka memperingati hari batik nasional yang jatuh pada 2 Oktober.

Dalam acara tersebut nantinya menampilkan fashion show yang melibatkan sekitar 500 peserta yang terdiri dari para pejabat negara, petinggi kementerian/lembaga dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), public figure, perwakilan kerajaan-kerajaan nusantara, hingga para duta besar (dubes) negara-negara sahabat.

Baca juga: Presiden Jokowi Hadiri Istana Berbatik di Halaman Istana

Sejumlah pejabat hadir dalam acara tersebut. Mereka diantaranya Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan, Menkumham Yasonna Laoly, Menseskab Pramono Anung, Menkopolhukam Mahfud Md., dan lainnya.

Baca Juga  Witan Sulaeman Marah Saat Diganti, Banting Botol dan Buang Rompi, Ini Kata Pelatih Bhayangkara FC



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *