Mahfud MD dan Cak Imin Satu Suara Pembentukan Lembaga untuk Reformasi Agraria

TRIBUNNEWS.COM – Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 1 dan 3, yakni Muhaimin Iskandar (Cak imin) dan Mahfud MD memiliki pendapat yang sama tentang reformasi agraria.

Keduanya satu suara dalam pembentukan satu kelembagaan langsung di bawah presiden untuk mengurus permasalahan agraria, seperti halnya sertifikat tanah.

Dalam debat cawapres disiarkan live streaming via YouTube KPU RI,  pada Minggu (21/1/2024), awalnya Cak Imin bertanya kepada Mahfud MD tentang onflik agraria.

Mahfud MD mengungkapkan, harus ada kesepakatan untuk menyelesaikan masalah tanah yang terjadi dalam kurun waktu yang lama ini.

Mahfud menceritakan, terdapat perbedaan pengesahan sertifikat tanah saat zaman orde lama, saat itu Keputusan Inspektur Jenderal Agraria (KINAG) dan setelah zaman orde baru.

Lantas hal ini disebutnya menjadi tumpang tindih saat tanah yang sah secara hukum pada zaman orde lama kemudian tidak sah saat sertifikat harus dikeluarkan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Mahfud MD menilai, harus dibuat kesepakatan untuk menyelesaikan permasalahan pengesahan tanah antar lintas zaman.

Setuju dengan Cak Imin, Mahfud MD mengaku gagasan pembentukan satu lembaga di bawah presiden merupakan gagasannya bersama Ganjar Pranowo untuk reformasi agraria.

“Reformasi agraria itu menjadi salah stau bagian misi kami pada tahun ni, kami punya tim reformasi hukum nasional, masalah agraria ini harus ada sebuah badan khusus yang nanti menangani,” terang dia.

“Jadi tadi proses kesepakatan untuk KINAG dan sertfikiat tanah itu menjadi bagian dari apa yang sudah kami rencanakan.”

Mahfud MD Sebut-sebut Madura

Baca juga: Mahfud MD Serang Gibran Soal Komitmen Jokowi Tidak Mengimpor Komoditas Pangan

Calon wakil presiden nomor urut 03 Mahfud MD menyampaikan, orang Madura lebih dulu mengatasi greenflation atau inflasi energi hijau.

Baca Juga  3 Mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta Keracunan Dirawat Inap

Mahfud MD menjelaskan, apa itu transformasi ekonomi ke arah yang lebih hijau atau ekonomi sirkular.

“Di mana sebuah proses pemanfaatan produk ekonomi, pangan, diproduksi kemudian dimanfaatkan kemudian di-recycle,” ujar Mahfud MD menjawab pertanyaan cawapres nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka soal greenflation saat debat di Jakarta, Minggu (21/1/2024).



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *