Mantan Panglima TNI Yudo Margono Terima Penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang dari Singapura

Laporan Wartawan Tribunnews.com Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Mantan Panglima TNI yang juga Kepala Staf TNI AL periode 2020-2022, Laksamana TNI (Purn) Yudo Margono menerima anugerah penghargaan militer tertinggi dari pemerintah Singapura.

Penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang diserahkan Presiden Tharman Shanmugaratnam di Istana Singapura, Selasa (30/1/2024).

Dalam acara penganugerahan tersebut, disaksikan sejumlah pejabat tinggi Singapura antara lain, Menteri Pertahanan Singapura Dr Ng Eng Hen, Panglima Angkatan Bersenjata Singapura Laksamana Madya Aaron Beng, serta para pejabat lainnya dari kedua negara.

Baca juga: Laksamana Yudo Margono Kepalkan Tangan saat Ditanya Bagaimana Perasaannya Segera Pensiun: Merdeka

Darjah Utama Bakti Cemerlang diberikan kepada Yudo Margono karena berkontribusi mempererat hubungan pertahanan antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan Angkatan Bersenjata Singapura.

Penghargaan diberikan karena Yudo mendukung terlaksananya patroli terkoordinasi Angkatan Laut kedua negara untuk meningkatkan keamanan maritim di kawasan.

Pada tingkat regional, selama kepemimpinan Laksamana TNI (Purn) Yudo Margono, Indonesia dan militer Singapura juga telah bekerja sama dalam berbagai even internasional seperti pada pertemuan Panglima Angkatan Bersenjata ASEAN, serta kerja sama pada Information Fusion Centre and the Counter-Terrorism Information Facility.

Yudo Margono mengatakan, selama dirinya menjabat sebagai Panglima TNI, terus meningkatkan hubungan pertahanan dengan angkatan bersenjata Singapura.

“Angkatan Bersenjata Singapura dan TNI berpartisipasi dalam sejumlah latihan bilateral antara lain seperti latihan Safkar Indopura dan Eagle Indopura 2023 yang bertujuan melatih interoperabilitas dan kerja sama,” kata Yudo dalam keterangannya, Rabu (31/1/2024). 

Baca juga: Laksamana Yudo Margono Pilih Nikmati Masa Pensiun usai Tak Lagi Jadi Panglima TNI: Kita Nikmati Dulu

Saat menjabat panglima TNI, kata Yudo, dirinya berkomitmen dalam meningkatkan kerja sama pada kerangka multilateral, yang berkontribusi terhadap perdamaian dan stabilitas regional.

Baca Juga  Maaf, Como 1907 Belum Bisa Tampung Pemain Indonesia di Serie A Liga Italia, Ini Alasannya

Sebelumnya di tahun 2022, Laksamana TNI (Purn) Yudo Margono juga dianugerahi penghargaan militer bergengsi Pingat Jasa Gemilang (Tentera), atau Meritorious Service Medal (Military), oleh mantan Presiden Singapura Halimah Yacob.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *