Memalukan, Dua Armada Elite Kapal Perang Inggris Tabrakan, Netizen: Bukan Begitu Cara Perangi Houthi

Memalukan, 2 Armada Elite Kapal Perang Inggris Tabrakan, Netizen: Bukan Begitu Cara Perangi Houthi

TRIBUNNEWS.COM- Insiden memalukan terjadi saat dua kapal perang Inggris malah saling bertabrakan hingga membuat salah satu kapal mengalami bolong pada lambungnya.

Insiden itu terekam kamera dan viral di media sosial, dua buah Kapal Perang Inggris Bertabrakan Sampai Bolong, netizen pun mempertanyakan profesionalisme sang Nakhoda. Bagimana mau perang melawan Houthi?

Video yang beredar memperlihatkan kapa Pemburu Ranjau Angkatan Laut Kerajaan Inggris Kembali ke Docking Fleet Mate di Bahrain.

Korps Angkatan Laut Kerajaan Inggris menghadapi video memalukan yang mulai beredar di media sosial.

Dua pemburu ranjau elit angkatan laut, HMS Chiddingfold dan HMS Bangor, yang berbasis di Bahrain, terlibat dalam kecelakaan di mana Chiddingfold menghantam Bangor. Kedua kapal dilaporkan mengalami kerusakan namun tidak ada satu pun personel yang terluka.

Seorang juru bicara Royal Navy mengkonfirmasi insiden tersebut – sulit untuk menyangkalnya video online yang sudah beredar luas – tetapi mereka tidak memberikan informasi apa pun jika ada kondisi cuaca, masalah mekanis, atau kesalahan penilaian dalam manuver.

Baca juga: Dua Kapal Perang Inggris Bertabrakan di Bahrain, Lambung Salah Satunya Sampai Bolong

Laporan menyebutkan bahwa sebuah tim sedang melakukan perjalanan ke Bahrain untuk menilai tingkat kerusakan sepenuhnya dan menyelidiki keadaannya.

“Kami mengetahui adanya insiden yang melibatkan dua pemburu ranjau di Bahrain. Tidak ada korban jiwa akibat insiden ini dan tidak tepat untuk berkomentar lebih lanjut sementara penyelidikan sedang berlangsung,” Angkatan Laut Kerajaan Inggris menanggapi pertanyaan media.

Ditugaskan pada tahun 1983, Chiddingfold sedang menjalankan tugas jangka panjang di kawasan Teluk Persia sebagai bagian dari Operasi Kipion untuk menjaga kebebasan navigasi dan arus bebas perdagangan. Dia adalah salah satu dari delapan pemburu ranjau Kelas Pemburu di Angkatan Laut Kerajaan dengan enam perwira dan 39 pangkat di dalamnya.

Baca Juga  Dinilai Cepat Respons Aduan Masyarakat, Propam Polri Diganjar Penghargaan

HMS Bangor lebih baru, ditugaskan pada tahun 1999, dan menurut laporan diamankan di samping dermaga di Bahrain. Dia adalah salah satu dari tujuh Kapal Penanggulangan Ranjau Kelas Sandown di Royal Navy. Dengan 39 personel, ia memiliki tim termasuk Spesialis Perang Ranjau dan Penyelam Pembersihan Ranjau. Dia biasanya dilaporkan ke Skotlandia.

Baca juga: Houthi Mulai Balas Gempuran, US CENTCOM: Kapal Perang Destroyer AS Jadi Sasaran Rudal Jelajah Yaman

September lalu, Angkatan Laut Kerajaan Inggris menyoroti kedua kapal yang sedang berlatih manuver jarak dekat dan keterampilan perlindungan kekuatan sebagai bagian dari latihan bersama Angkatan Laut Qatar. Selama latihan, mereka melaporkan bahwa kedua kapal tersebut bekerja sama dengan Qatar dan berlatih berlayar dalam jarak dekat, untuk menguji keterampilan dan kemampuan tim anjungan kapal.

Sebagai pemburu ranjau, mereka terbuat dari bahan unik untuk memenuhi perannya tanpa terdeteksi. Menurut laporan, lambung kapal terbuat dari komposit plastik yang diperkuat kaca untuk mengurangi ancaman ranjau.

Royal Navy hanya mengatakan bahwa rencana tindakan akan dikembangkan setelah penyelidikan dan pemeriksaan kedua kapal tersebut.

Baca juga: Awak Kapal AS yang Kapalnya Dihantam Drone Houthi, Diselamatkan oleh Angkatan Laut India

Libatkan Dua Kapal Pembersih Ranjau Elite



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *