Nilna Murni Sabet Medali Emas di Asian Continental Championships

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Nilna Murni, atlet MTB downhill dari Spartan Racing Team berhasil membawa pulang medali emas pada Asian Continental Championships (ACC) 2023 yang diselenggarakan di Kerala, India beberapa waktu lalu.

Atlet yang akrab disapa Nilna ini berhasil menyabet medali emas pada kategori Women Junior setelah mengalahkan 20 rider lain.

“Alhamdulillah… Alhamdulillah… Alhamdulillah. Ini adalah penutup kejuaraan Asia. Saya telah berhasil mewujudkan impian saya!” ucap Nilna dalam keterangannya, Jumat (24/11/2023).

Pencapaian luar biasa ini disambut hangat oleh masyarakat Indonesia yang langsung membanjiri Instagram Nilna Murni.

Nama Nilna Murni mungkin sudah tak asing lagi di mata penggemar sepeda MTB dan namanya semakin bersinar setelah berhasil memukau banyak mata pada kejuaraan nasional lalu.

Nilna berhasil mendapatkan medali emas pada Kejuaraan Nasional, dan perak pada Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional.

Mengantongi prestasi gemilang ini, Spartan Racing Team pun mengirim Nilna serta Dois Audi Fikriansyah – atau akrab disapa Dois – bintang muda yang sama-sama berprestasi untuk bersaing melawan riders dari 20 negara pada Asian Continental Championships.

Sebelum kejuaraan dunia ini, Nilna Murni sudah dikenal dengan keberaniannya untuk menekuni cabang olahraga downhill.

Gadis asal Malang yang berusia 17 tahun itu bercita-cita untuk membuktikan perempuan Indonesia bisa menjadi juara internasional di kategori olahraga yang ekstrem sekalupun.

“Saya ingin membuktikan perempuan pantas dan mampu di bidang olahraga ekstrem seperti downhill hingga menjadi juara tingkat internasional,” cerita Nilna pada perayaan kemenangan setelah Kejurnas.

Tahun 2023 ini, Nilna bergabung dengan Spartan Racing Team, tim balap mountain bike yang sudah dikenal dengan keberagaman talenta dan latar belakang, serta sudah berhasil mencetak atlet-atlet unggul, seperti Afos Katana, Ditra Pranata, Septian Hermansyah, hingga Arinda Novitasari.

Baca Juga  Masih Bisa Diubah, KPU Diminta Angkat Isu Perempuan dan Anak dalam Tema Debat Capres Cawapres

Masuknya Nilna ke Spartan Racing Team tentu menjadi pintu pertama untuk membuka berbagai kesempatan di kejuaraan nasional hingga dunia.

Sebelum mencetak medali di Asian Continental Championships, Nilna berhasil mendapatkan medali emas pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) dan Pra PON 2023 pada cabang downhill kelas women junior (9/23) di Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

Tak tanggung-tanggung, satu pekan setelahnya, Nilna kembali menyabet medali emas pada Gajahmungkur Urban Downhill yang merupakan event downhill unik pertama di Indonesia yang diselenggarakan di Semarang.

Terbukti, eksistensinya pada Asian Mountain Bike Championships semakin mengukuhkan bahwa semangat dan dedikasinya sejalan dengan prestasi tinggi.

Tak hanya pada prestasi yang mengharumkan saja, Nilna pun turun dengan menunggangi sepeda Collosus N9 dari brand sepeda asal Indonesia yang sudah tak asing lagi karena prestasinya di berbagai kejuaraan nasional maupun internasional.

Sepeda Collosus N9 sendiri telah berkibar pada tahun 2022 lalu ketika Polygon Factory Racing Team berhasil menyabet medali perak pada Trophy of Nations yang merupakan seri dari Enduro World Series.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *