Pilpres 2024 Disebut Bakal Berlangsung 2 Putaran, Ganjar dan Prabowo Bersaing Ketat

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Forum Alumni Perguruan Tinggi se-Indonesia (FAPTI) bekerja sama dengan Alvara Research Center menggelar survei nasional terkait Elektabilitas Calon Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu 2024. 

Hasilnya, Pilpres disebut bakal berlangsung dua putaran.

Hasil survei memperlihatkan bahwa dari ketiga pasangan Capres – Cawapres, kebanyakan responden akan memilih pasangan Prabowo – Gibran (46 persen), Ganjar Pranowo – Mahfud MD sebesar ( 26.4 %) dan Anies Baswedan – Muhaimin sebesar (21.3%), dan yang tidak tahu (6.3 %).

“Pemilih Jokowi – Ma’ruf Amin di tahun 2019 cukup banyak yang memilih pasangan Ganjar Pranowo – Mahfud MD, sedangkan pemilih Prabowo – Sandi akan tetap memilih Prabowo yang berpasangan dengan Gibran di tahun 2024,” kata Andre Rahadian selaku salah satu Ketua FAPTI dalam siaran pers, Kamis (28/12/2023)

Andre menjelaskan, dalam survei ini juga ditanyakan apa yang seharusnya jadi fokus pemerintahan baru dimana kebanyakan responden (48.3%) memilih mementingkan isu perekonomian, terutama tentang keterbukaan lapangan kerja, peningkatan pendapatan atau gaji, dan menstabilkan harga untuk rakyat.

Andre mengatakan survei yang dilakukan organisasinya dan Alvara ini, dilakukan penebalan responden khusus di Jawa, dengan tambahan 4.000 orang responden. 

“Hasilnya memperlihatkan responden di Jawa Tengah akan memilih pasangan Ganjar – Mahfud MD (47%) diikuti Prabowo – Gibran (32.8%),” tuturnya.

Adapun responden di Jawa Timur akan memilih pasangan Prabowo – Gibran (45,8%) dan Ganjar – Mahfud (30.9%). Sedangkan di DKI Jakarta, kebanyakan responden memilih pasangan Anies – Muhaimin (34,1%) diikuti Ganjar – Mahfud (31.4%).

Andre menegaskan, berdasarkan hasil survei tersebut, belum ada pasangan calon presiden yang memiliki suara lebih dari 50%. “Sehingga, kemungkinan besar Pemilu akan berlangsung dua putaran. Dan, peluang paling besar yang masuk ke putaran kedua adalah Prabowo – Gibran dan Ganjar – Mahfud,” ucap dia.

Baca Juga  Tak Mau Kalah dengan Indonesia, Vietnam Berburu Pemain Keturunan, Ada 8 Pemain untuk Troussier

Sementara untuk hasil survei parpol, secara top of mind dan survei terbuka, awareness atas partai politik tertinggi adalah Golkar sebesar 92.9%, diikuti PDIP sebesar 92.6% dan Gerindra sebesar 89.9%.

“Suara PDI Perjuangan cukup tinggi di wilayah Jawa dan Maluku Papua, sedangkan Gerindra elektabilitas tertinggi di Sumatera, Bali, Nusa Tenggara dan Kalimantan, dan Nasdem lebih tinggi di Sulawesi,” ujarnya.

Sementara itu, Eko Nugroho seaku Sekretaris Jenderal FAPTI memaparkan, Forum Alumni Perguruan Tinggi memandang penting untuk melakukan survei sendiri, guna memberikan gambaran kepada alumni perguruan tinggi terkait pilihan dan jenis isu yang dianggap penting oleh Masyarakat. 

“Sehingga, para alumni dapat lebih bisa berkontribusi dalam hajatan nasional lima tahunan yang penting ini,” pungkasnya.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *