Pimpin Apel Penanggulangan Bencana, Pj Gubernur Sumsel Ingatkan Respons Cepat Personel di Lapangan

Laporan wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA –  Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni memimpin apel kesiapsiagaan personel dan peralatan penanggulangan bencana banjir serta tanah longsor, di halaman Shooting Range Jakabaring Sport City (JSC) Palembang.

Dalam apel yang dihadiri 1.000 personel gabungan Basarnas, BNPB, TNI/Polri dan berbagai instansi terkait, Fatoni menyampaikan kesiapsiagaan ini diharapkan dapat berdampak pada gerak cepat personel menanggulangi dampak bencana alam yang terjadi.

“Dengan kesiapan ini diharapkan dapat memberikan rasa nyaman kepada masyarakat dari ancaman bencana, walaupun kita juga berharap bencana itu tidak terjadi,” kata Fatoni, Rabu (29/11/2023).

Baca juga: Panglima TNI Punya Jejak Relawan Bencana, Mulai Gempa Yogyakarta, Tsunami Palu hingga Covid 19

Ia menerangkan bahwa Sumsel baru saja melewati situasi cukup berat usai diterpa kabut asap imbas kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Kondisi ini telah teratasi menyusul peralihan cuaca yang memasuki musim hujan.

Namun Fatoni mengingatkan bahwa musim penghujan juga memiliki ancaman bencana seperti banjir bandang dan tanah longsor di beberapa wilayah Provinsi Sumsel.

Berkenaan dengan itu semua personel satgas penanggulangan bencana diharapkan tetap waspada, dan memberi peringatan dini kepada masyarakat di daerahnya masing-masing.

“Kondisi ekologi seperti degradasi alam, perilaku manusia ini dapat kita perbaiki, namun ini tidak bisa kita kerjakan secara sendiri sendiri kita perlu bersama secara komprehensif untuk mengatasinya,” kata Fatoni.

Adapun berdasarkan data kejadian bencana di Provinsi Sumsel pada tahun 2022 sebanyak 147 kali kejadian. Sedangkan hingga November 2023 tercatat sudah 69 kali kejadian bencana.

Baca juga: Viral Video Pusaran Angin Puting Beliung Terjang Rumah di Madiun, BPBD: Atap 11 Rumah Warga Rusak

Baca Juga  Sempat Kecewa dan Berujung Cerai, Putri Anne Telah Maafkan Arya Saloka, Harap Mantan Suami Bahagia

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Sumsel M. Iqbal Alisyahbana menyatakan tujuan dilakukan apel ini guna meningkatkan kemampuan personel dan kesiapan peralatan penanggulangan bencana alam.

Yakni lewat pengoptimalan peran, tuhas dan tanggung jawab dari masing-masing dinas, instansi atau stakeholder terkait.

“Mengoptimalkan peran, tugas dan tanggung jawab masing-masing Dinas, Instansi, stakeholder terkait dalam penanggulangan bencana banjir dan tanah longsor agar korban jiwa dan harta dapat diminimalisir,” kata Iqbal. (*)



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *