Pipa Terminal BBM di Tuban Bocor, Pertamina Langsung Investigasi

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Pertamina Patra Niaga melakukan penanganan terkait adanya kebocoran pipa yang terjadi Terminal Bahan Bakar Minyak (BBM) Tuban, Jawa Timur, yang terjadi pada pukul 02.00 WIB dini hari Senin (10/6/2024).

Area Manager Communication, Relation & CSR Jatimbalinus Ahad Rahedi mengungkapkan, langkah pertama yang dilakukan adalah memastikan dinding pengamanan mampu memagari agar rembesan tidak meluber (auto protection).

Baca juga: Ratusan Warga Desa Tasikharjo Kabupaten Tuban Mengungsi, Cium Bau Menyengat BBM

Selain itu penanganan dilakukan dengan mengerahkan vacuum truk (penyedot minyak) dan oil absorbent (penyerap minyak) agar minyak yang keluar segera tertangani.

Sebagai antisipasi keselamatan warga, Pertamina segera melakukan evakuasi warga desa Tasikharjo yang berada di sekitar area kebocoran.

Meskipun pemukiman warga berada di jarak yang cukup jauh dari Terminal BBM Tuban.

Ahad menyatakan, kondisi saat ini sudah berangsur membaik dan penyebab kebocoran masih dalam investigasi.

Baca juga: Respons Terjadinya Rembesan Pipa di Terminal BBM Tuban, Pertamina Evakuasi Warga

“Kondisi sudah berangsur membaik dan sebagian warga sudah kembali ke rumah. Penyaluran BBM ke masyarakat Tuban dan sekitarnya tetap berjalan normal dan stok dipastikan aman,” ucap Ahad dalam pernyataannya, Senin (10/6/2024).

Sebelumnya, Pertamina Patra Niaga telah memastikan tidak ada tumpahan bahan bakar minyak yang rembes ke area permukiman warga. Rembesan minyak dari pipa Tuban terjaga di fasilitas oil catcher Pertamina Patra Niaga.

“Kami memastikan tidak ada minyak tumpah ke area permukiman warga. Pertamina Patra Niaga memiliki fasilitas oil catcher yang mampu mengantisipasi rembesan minyak,” kata Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting, Senin (10/6/2024).

Baca Juga  MK Batalkan Pasal Penyebaran Berita Bohong, Syahganda Akan Gugat Presiden

Irto melanjutkan, vapour cloud atau uap yang timbul dari rembesan minyak dari pipa Tuban sudah tidak terdeteksi lagi.

Meski demikian, masyarakat setempat diimbau untuk tidak merokok dekat area tersebut.

Pertamina Patra Niaga memastikan penyaluran BBM ke Surabaya sudah berjalan lagi sejak pagi tadi. Penjualan BBM di SPBU Tuban juga sudah berjalan normal pada waktu yang hampir bersamaan.

“Penyaluran mobil tangki untuk distribusi ke SPBU tetap dan sudah berjalan normal sejak pukul 08.30,” tukas Irto.

Sebagian besar warga yang sempat mengungsi di posko juga sudah kembali ke rumah mereka masing-masing. Pertamina Patra Niaga terus memantau perkembangan terkini.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *