Prabowo-Gibran Moncer dalam 7 Hasil Survei Terbaru Elektabilitas Rilis Januari 2024

TRIBUNNEWS.COM – Pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka meraih elektabilitas cemerlang dalam tujuh hasil survei terbaru yang dirilis pada Januari 2024 ini.

Mayoritas hasil survei menunjukkan elektabilitas Prabowo-Gibran mengungguli paslon 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan paslon 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Banyak survei memotret elektabilitas Prabowo-Gibran, bahkan di angka lebih dari 40 persen.

Meski demikian, ada pula hasil survei yang menunjukkan pasangan Ganjar-Mahfud berada di urutan pertama.

Berikut rangkuman hasil survei terbaru yang dirilis pada Januari 2024.

  • Survei Indikator Politik Indonesia

Hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia menunjukkan elektabilitas Prabowo-Gibran mecapai 46,9 persen.

Survei terbaru Indikator yang menempatkan Prabowo-Gibran unggul atas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dilaksanakan pada 25-27 Desember 2023.

Urutan kedua survei Indikator ditempati Anies-Muhaimin dengan elektabilitas 23,2 persen, sedangkan urutan ketiga ada Ganjar-Mahfud dengan 22,2 persen.

Sementara itu, tidak tahu/tidak jawab sebesar 7,6 persen.

Baca juga: TPN Sentil Prabowo soal Debat Capres: Gemoy Diselepet Ketua Penguin

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, mengatakan capaian elektabilitas Prabowo-Gibran bisa membuka peluang Pilpres 2024 berjalan satu putaran.

“Tidak menutup kemungkinan satu putaran terjadi. Ada kemungkinan itu, ada peluang,” kata Burhannudin dalam paparannya secara daring, Sabtu (6/1/2024).

Kendati demikian, Burhanuddin memberi catatan bahwa paslon nomor urut 2 masih harus melakukan banyak gebrakan untuk mencapai angka lolos satu putaran. Ia mengatakan salah satu yang perlu diwaspadai oleh paslon 02 adalah stagnansi suara.

“Artinya perlu ada terobosan lain,” tutur Burhanuddin.

Hasil survei terbaru Politika Research and Consulting (PRC) menunjukkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar berpotensi melaju ke putaran kedua Pilpres 2024.

Baca Juga  BMKG Deteksi 153 Titik Panas Karhutla di Kaltim



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *