Tingkatkan Jiwa Nasionalisme, Anak Muda Diajak Miliki Semangat Juang

Jakarta: Raimuna Nasional (Rainas) XII diyakini bisa meningkatkan persaudaraan antarsuku dan budaya. Jiwa nasionalisme para pemuda juga bakal diasah dengan kegiatan yang ada di sana.
 
Sekretaris Jenderal Kwarnas Gerakan Pramuka Mayjen TNI (Purn) Bachtiar Utomo menilai kegiatan itu penting untuk memastikan para pemuda untuk tetap memiliki semangat juang. Sebab, mereka merupakan generasi penerus yang akan menjadi pemimpin negara di masa depan.
 
“Jadi saya pikir kegiatan Raimuna sangat komprehensif, untuk menyiapkan generasi-generasi penerus bangsa kita. Di usia nanti, usia emas di tahun 2045 ini lahir-lahir dari generasi Raimuna ini sudah muncul di level kepemimpinan negara Indonesia,” ujar Bachtiar di Jakarta, Jumat, 11 Agustus 2023.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rainas XII bakal diselenggarakan di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur, pada 14 Agustus 2023 sampai 20 Agustus 2023. Acara itu mengartikan semangat untuk berbuat keadilan.
 
“Jadi intinya kalau kita gabung Raimuna adalah perkumpulan anak-anak muda yang mempunyai jiwa semangat juang untuk membangun suatu kebaikan,” kata dia.
 
Bachtiar menjelaskan Raimuna merupakan dua konsonan kata yang memiliki arti berbeda. Rai mengartikan perkumpulan anak muda, sedangkan muna adalah semangat jiwa untuk berbuat keadilan.
 
Sebanyak 25 ribu peserta dari seluruh Indonesia dijadwalkan mengikuti acara itu. Kegiatan dipastikan bakal dibarengi dengan pembekalan pengetahuan, keterampilan, dan teknologi seputar pramuka.
 
“Kegiatan Raimuna ini juga dibutuhkan ada kegiatan-kegiatan fisik yang harus dipersiapkan bagi seluruh peserta,” ucap Bachtiar.
 
Presiden Raimuna Nasional Raihan Sujaya memastikan kegiatan itu akan menjunjung nilai-nilai persatuan. Ruh pramuka bakal ditanamkan kepada semua peserta.
 
“Ini tetap menjadi ruh, bagaimanapun kita mau merencanakan apapun di pramuka ruhnya tetap persatuan dan kesatuan,” kata Raihan.
 
Acara itu juga diyakini bisa menjaga semangat pramuka tetap eksis di kalangan pemuda. Keterampilan mereka wajib diasah agar bisa menyesuaikan diri dengan permasalahan bangsa.
 
“Pertama tentang ketahanan pangan yang sama-sama kita tahu isu ini sangat penting sangat jadi fokus di masa saat ini,” ujar Raihan.
 
Dia memastikan kegiatan itu bukan cuma perkemahan biasa. Sebab, bakal ada pembelajaran mengenai solusi permasalahan bangsa agar bisa menjamin Indonesia mendapatkan kejayaannya pada 2045.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(END)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Populer Nasional: ?Panji Gumilang Tersangka Penistaan Agama hingga Gazalba Saleh Divonis Bebas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *