TPN Ganjar-Mahfud Optimis Masuk Putaran Kedua Pilpres, Bertarung dengan Prabowo-Gibran

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo – Mahfud MD optimistis Pilpres 2024 akan digelar dalam dua putaran.

Optimisme itu muncul seiring dinamika politik menjelang Pilpres 2024, yang kini masih fluktuatif, belum ada indikasi yang menunjukkan pasangan Capres-Cawapres, yang akan meraih elektabilitas di atas 50 persen.

“Keadaan ini menyiratkan adanya kemungkinan besar Pilpres 2024 akan berlangsung dua putaran,” kata Deputi Politik 5.0 TPN Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto di Jakarta, Kamis (28/12/2023).

Hasil jajak pendapat terbaru Center for Strategic and International Studies (CSIS), yang dirilis Rabu (27/12/2023) menunjukkan, pasangan Nomor Urut 2, Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka memimpin klasemen dengan meraih dukungan suara sebesar 43,7 persen, menyusul pasangan Nomor Urut 1, Anies Baswedan -Muhaimin Iskandar mengantongi 26,1% suara, dan pasangan Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo – Mahfud MD meraup 19,4% suara.

Jajak pendapat ini diselenggarakan, pada periode 13 sampai 18 Desember 2023 sebelum Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia menggelar Debat Cawapres pertama, pada 22 Desember 2023.

Sehari sebelumnya, pada 26 Desember 2023, lembaga survei Indikator Politik juga merilis hasil survei terbaru, yang dilakukan pasca Debat Cawapres, pada 23-24 Desember 2023.

Berdasarkan hasil survei, tingkat elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran meraup 46,7% suara, diikuti pasangan Ganjar-Mahfud 24,5%, dan pasangan Anies – Muhaimin 21%.

Komparasi Penentuan Strategi

Menanggapi hasil dua survei tersebut Andi Widjajanto mengungkapkan, hasil jajak pendapat yang beredar saat ini akan dijadikan sebagai bahan komparasi dalam menentukan strategi kampanye berikutnya.

Mantan Gubernur Lemhanas itu menjelaskan, berdasarkan riset kedeputian yang dipimpinnya, tingkat elektabilitas duet Ganjar-Mahfud menunjukkan kecenderungan naik pasca Debat Cawapres, pada 22 Desember 2023.

Baca Juga  Anies Bicara Fenomena 'Ordal' Saat Debat Capres, Pengamat Singgung TGUPP Saat Gubernur DKI

“Kedeputian saya menggunakan data survei sebagai salah satu basis dalam menyusun prediksi dan analisis sampai 14 Februari 2024. Ada tiga metode yang diterapkan, yaitu kami menggabungkan hasil survei, focus group discussion (FGD), dan media analytic. Dari gabungan ketiga metode ini, terutama setelah Debat kedua, sentimen positif kepada pasangan Ganjar-Mahfud menunjukkan tren peningkatan,” kata Andi pada konferensi pers TPN Ganjar-Mahfud di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (27/12/23)

Berdasarkan perbandingan data pada 7 hari lalu dan data 24 jam terakhir, jelas Andi, posisi pasangan Nomor Urut 2, Ganjar-Mahfud naik 2%. Disebutkan, pada 7 hari lalu, dukungan suara untuk Ganjar-Mahfud sebesar 35%, dan pada 24 jam terakhir mencapai 37%.

Andi menyimpulkan bahwa posisi Ganjar-Mahfud konsisten rebound. Selain itu, ada hal yang konsisten berdasarkan hasil jajak pendapat CSIS dan Indikator, yaitu Pilpres harus melalui Putaran Kedua, tidak mungkin Pilpres selesai dalam Satu Putaran.

Hasil survei juga menunjukkan bahwa pasangan Prabowo-Gibran sudah berada di tahapan stagnan alias mentok sehingga sulit melampaui angka 50%.

“Terkait hasil survei, kami harus menyiapkan strategi luar biasa. Meskipun demikian, kami tetap optimistis bahwa peluang putaran kedua tampaknya akan terjadi antara paslon 2 dan 3,” ungkapnya.

Lebih lanjut Andi mengatakam TPN Ganjar-Mahfud akan menerapkan strategi prorakyat dalam menyikapi tren kenaikan tingkat elektabilitas.

“Pola pendekatan Ganjar-Mahfud yang difokuskan pada visi-misi dan program strategis menjadi strategi yang menarik perhatian masyarakat. Saat ini,masyarakat lebih mengutamakan substansi dalam menentukan pilihan politik,” kata Andi.

Menurutnya, TPN Ganjar-Mahfud juga telah menyiapkan skenario putaran kedua Pilpres 2024.

Langkah itu ditempuh berdasarkan analisis mendalam menggunakan data internal dan eksternal.

Baca juga: TPN Ganjar-Mahfud Siapkan Strategi Hadapi Putaran Kedua Pilpres 2024: Peluangnya Antara 02 dan 03

Baca Juga  Internal Israel Pecah Jika Perang Usai, Yoav Galant Ungkap Rencana Fase Operasi Pembersihan di Gaza

“Data-data yang diperoleh membimbing TPN untuk mempersiapkan strategi kampanye ke depan. Harus diakui bahwa dinamika politik bergerak semakin cepat. Isu-isu yang muncul, dan respons masyarakat memainkan peran kunci dalam menentukan hasil pemilihan presiden,” ujarnya.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *