Warga Aceh Besar Diajak Siap Siaga Hadapi Bencana

Banda Aceh: Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, mengajak masyarakat meningkatkan kesiapsiagaan dalam mengantisipasi bencana. Hal tersebut dipercaya dapat mengurangi risiko ketika terjadinya bencana.
 
“Berbicara kejadian bencana, sebenarnya kita perlu mewaspadai segala bentuk kejadian bencana yang mungkin terjadi karena bencana selalu terjadi secara tiba-tiba dan tidak dapat kita duga,” kata Muhammad Iswanto di Jantho, Rabu, 9 Agustus 2023.
 

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela menggelar Apel kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dalam rangka mengantisipasi potensi bencana akibat elnino dan elnina yang diprediksi terjadi mulai Agustus 2023 di Lapangan Kota Jantho.
 
Ia menjelaskan dampak El Nino diprediksi akan melanda sejumlah daerah di Indonesia dalam beberapa bulan ke depan. Di mana dengan adanya prediksi El Nino dan La Nina yang akurat akan sangat berguna dalam peringatan dini, dan antisipasi terjadinya iklim ekstrem yang berasosiasi dengan bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor dan kekeringan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menyebutkan dalam tiga bulan terakhir di Kabupaten Aceh Besar telah terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sebanyak 90 kali.
 
Menurut dia Kabupaten Aceh Besar merupakan salah satu kabupaten yang rawan terjadinya berbagai bencana, sehingga kesiapsiagaan masyarakat dalam mengantisipasi bencana sangat penting agar masyarakat mampu melakukan tindakan untuk mengurangi risiko ketika terjadinya bencana.
 
“Prediksi awal tentang akan terjadinya La Nina dan El Nino ini tentunya sangat bermanfaat dalam membantu perencanaan dan pengelolaan berbagai sektor seperti sumber daya air, energi, transportasi, pertanian, kehutanan, perikanan serta menghindari atau mengurangi potensi kerugian yang lebih besar,” jelasnya.
 
 
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(DEN)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Daop 8 Surabaya Sebar Tiket Promo Khusus HUT RI, Ini Daftarnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *